Bagi Orangtua!! Jangan Pernah Tutupi 4 Hal Ini Kepada Anak

loading...

PulangKerja.com – Sebagai orangtua, Anda sering menganggap anak tak harus tahu mengenai beberapa hal yang tak semestinya mereka ketahui seperti, kematian, perceraian, atau mengenai seks.

Tetapi itu tanggapan yang salah besar. Jangan pernah menutupi ketiga hal tersebut dari anak, karena ini akan berdampak buruk bagi mereka. Dan berikut penjelasan mengapa Anda tak boleh menutupi tiga hal tersebut dari anak.

Kematian

Kematian

Banyak orangtua yang menggunakan bahasa yang sulit untuk memberi tahu kematian seseorang yang terkasih demi menghindari topik yang lebih rumit. Lebih baik memberi tahu yang sebenarnya pada anak, namun sesuaikan dengan gaya bahasa menurut gaya mereka. Jika Anda sudah tak tahu lagi harus berkata apa, bacalah buku untuk memberi tahu anak.

Dari mana bayi berasal

Dari mana bayi berasal

Ini termasuk pada pendidikan seks. Masih banyak orangtua yang menghindari topik ini karena dirasa masih tabu untuk diperbincangkan. Tetapi menghindari topik ini malah akan berakibat buruk bagi anak kelak. Dia akan mengetahui informasi seks yang membingungkan dan tak jelas. Bahas topik ini dengan bahasa biologi yang mereka pelajari di sekolah. Mulai dengan mengatakan sel telur tumbuh di perut Ibu. Kemudian, keluar sebagai anak yang lama-kelamaan tumbuh dan lebih dewasa, dan lain sebagainya yang lebih spesifik.

loading...

Perceraian

Perceraian

Semua telah mengetahui, anak-anak lebih peka daripada yang dipikirkan dan bisa merasakan sesuatu yang terjadi dengan orangtua mereka. Jadi jika Anda mencoba untuk memberitahu mereka bahwa Anda dan pasangan masih saling mencintai, kemungkinan mereka tidak akan percaya. Belum lagi mungkin memberi mereka harapan palsu bahwa Anda berdua akan kembali bersama suatu hari nanti, ini akan sangat menyakitkan bila kenyataannya tak berbanding lurus dengan harapan.

Ketidakhadiran orangtua

Ketidakhadiran orangtua

Ini biasa terjadi pada orangtua yang sangat sibuk. Alih-alih tak ingin anak merasa kecewa, tak sedikit orangtua sering membohongi anak-anaknya mengenai waktu luang yang akan mereka berikan atau tak menepati janjinya untuk melakukan ini dan itu dengan anak. Untuk itu, sebaiknya jangan mengumbar janji, tunjukkan dengan aksi, dan hanya memberi pengertian bahwa Anda sibuk bekerja untuk kebaikan keluarga. (sumber)

loading...
loading...

Add Comment