17 Tips Ini Bisa Kamu Lakukan Ketika Motivasi Untuk Menyelesaikan Skripsi Mulai Menurun

loading...

PulangKerja.com – Skripsi merupakan kewajiban seorang mahasiswa tingkat akhir yang harus dikerjakan tanpa tawar menawar. Selain dianggap sebagai ujian yang paling sulit, motivasi untuk mengerjakan skripsi biasanya naik-turun seiring dengan berbagai rintangan yang menghadang. Bagaimana, ya, cara untuk membangkitkan motivasi saat kita sedang malas mengerjakannya? Menjawab pertanyaan itu, kami sudah menyusun 17 tips yang bisa kamu coba saat motivasi mengerjakan skripsimu sedang hilang. Yuk, kita simak!

 

1. Menghubungi Orangtua

skripsi

Telepon Orangtua via info.rentbuzz.com

Saat motivasi mengerjakan skripsi hilang, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menghubungi orangtuamu. Terlebih jika kamu adalah seorang perantau yang pergi ke kota orang hanya untuk menuntut ilmu. Katakan kepada mereka jika kamu rindu untuk pulang, dan kamu pasti akan segera pulang. Setelah menghubungi orangtuamu, dijamin deh, motivasimu akan naik lagi. Jangan lupa untuk minta doa restu juga, ya.

2. Jangan Terlalu Memaksakan Diri, Jika Sudah Terlalu Lelah Beristirahatlah Sejenak

skripsi

Istirahat sejenak via beyondthecoupon.com

Ketika rasa jenuh mengerjakan skripsi melanda, charge kembali motivasimu dengan beristirahat. Istirahat disini, bisa kamu lakukan dengan tidur, melakukan hobi yang akan membuatmu relax, ataupun sekedar pergi ke salon. Setelah tubuhmu cukup beristirahat, fokuskan pikiranmu pada skripsimu, jangan sampai kelupaan, ya!

3. Meskipun Sudah Jarang Bertemu, Tetaplah Keep in Touch Dengan Teman Kampusmu

skripsi

Keep in touch dengan teman kuliah via estetherapy.com

Skripsi seringkali membuatmu merasa sendirian karena akan jarang bertemu dengan teman kuliahmu. Rasa sendirian itu, seringkali membuat motivasi pejuang skripsi menjadi turun. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu keep in touch dengan teman kuliahmu. Selain akan menambah motivasi, siapa tahu kalian bisa saling memberi masukan akan skripsi kalian.

4. Untuk Mencegah Motivasi Semakin Turun, Buatlah Deadline Skripsimu Sendiri

deadline skripsi

Deadline via nochphmph.com

Membuat deadline untuk skripsimu sendiri juga bisa menambah motivasimu, lho! Tentukan kapan kamu akan menyelesaikan bab satu, bab dua, hingga bab kesimpulan. Selain menambah motivasimu dalam pengerjaan skripsi, deadline juga dapat membuat adrenalinmu terpacu sehingga targetmu penyelesaian skripsimu dapat tercapai.

5. Tempel Foto Orangtuamu Pada Dinding Kamar atau Kosan

motivasi skripsi

Foto Orangtua via qc2framework.com

Menempel foto orangtua pada dinding kamar atau kosanmu juga bisa membuatmu tambah semangat mengerjakan skripsi. Kamu juga bisa menempelkan foto orangtuamu dengan berbagai kata mutiara. Selain akan meningkatkan motivasimu, menempelkan foto orangtua juga akan membuatmu rindu untuk cepat pulang.

6. Refreshing

traveling

Refreshing via www.ultimate.travel

Refreshing penting untuk dilakukan ketika rasa jenuh melanda dan motivasimu untuk mengerjakan skripsi menghilang entah kemana. Lakukan hal-hal yang membuatmu bahagia ketika motivasi untuk mengerjakan skripsi mulai hilang. Pergi keluar kota, hang out bersama teman, ataupun main futsal seharian dapat kamu pilih sebagai alternatif untuk refreshing sejenak dari kewajibanmu menyusun skripsi. Refreshing bisa membantu dirimu menambah kembali motivasi dan semangatmu, asalkan kamu tidak lupa tujuan awalmu.

7. Ingatlah Usahamu Sampai Bisa Masuk ke Kampus Impian

universitas impian

Usaha masuk ke Kampus impian via morinmorefun.wordpress.com

Ketika kamu lulus SMA, tentunya kamu berusaha keras agar bisa masuk ke kampus impianmu sekarang. Mengingat kembali usahamu tersebut, tentunya dapat membangkitkan motivasimu saat mengerjakan skripsi. Kamu tidak mau, kan, usahamu terbuang sia-sia hanya karena kamu malas mengerjakan skripsi?

8. Tulislah Berbagai Alasan Kenapa Kamu Harus Segera Menyelesaikan Skripsi

motivasi skripsi

Tulis berbagai alasan untuk menyelesaikan skripsi via www.nicabm.com

Setiap pejuang skripsi pasti memiliki banyak alasan kenapa mereka harus segera menyelesaikan skripsinya. Menuliskan berbagai alasan tersebut dan menempelkannya tentu akan membuat motivasimu naik kembali. Jadi, ayo mulai menuliskan alasanmu dan tetap semangat, ya!

loading...

9. Ingatlah, Satu Hari Menunda Skripsi = Sehari Menunda Tanggal Pernikahanmu

Motivasi Skripsi

Menunda skripsi sama dengan menunda pernikahan via 98five.com

Bagi kamu yang sudah ingin segera menikah, ingatlah saat kamu menunda skripsi sama dengan menunda hari pernikahanmu. Tekankan pada dirimu jika skripsimu harus selesai sebelum kamu melamar atau dilamar pacarmu agar motivasimu menyelesaikan skripsi semakin menggebu. Jadi, ayo segera selesaikan skripsimu agar kamu bisa cepat mengibarkan janur kuningmu sendiri.

10. Rajin-rajinlah Untuk ke Perpustakaan

Motivasi Skripsi Perpustakaan

Rajin ke Perpustakaan via college.usatoday.com

 

Ketika motivasi menyelesaikan skripsi kembali hilang, jangan pernah malas untuk pergi ke perpustakaan. Tidak harus mengerjakan skripsi, kamu bisa saja datang ke perpustakaan hanya untuk membaca buku-buku ringan. Ingat, perpustakaan adalah rumah kedua bagi pejuang skripsi. Jadi, jangan pernah pergi jauh dari perpustakaan, ya.

11. Menulis Pengingat

Motivasi Skripsi Pengingat

Menulis pengingat via www.cnet.com

Tulislah pengingat untuk mengerjakan skripsimu setiap hari di tempat-tempat yang sering kamu lihat. Misalnya dinding kamar, pintu kamar mandi, atau bahkan di handphone-mu. Dengan menuliskan pengingat tersebut, tentunya motivasimu untuk mengerjakan skripsi akan kembali. Ayo, tetap semangat!

12. Rajin-rajinlah Berdiskusi dengan Sesama Pejuang Skripsi

Skripsi

Diskusi bersama pejuang skripsi via www.gauraw.com

Sharing dengan sesama pejuang skripsi juga dapat kamu lakukan untuk membangkitkan motivasimu mengerjakan skripsi. Mintalah sesama pejuang skripsi untuk membaca skripsimu, dan sebaliknya. Setelah itu mintalah mereka untuk mengoreksi skripsi yang telah kamu buat. Siapa tahu mereka memiliki masukan agar skripsimu tidak jalan ditempat.

13. Mencoba Mengakrabkan Diri dengan Dosen

Skripsi

Mengakrabkan diri dengan dosen via www.usnews.com

Dosen pembimbing skripsi yang kurang kooperatif, seringkali menjadikanmu malas mengerjakan skripsi. Berbagai tipe Dosen pembimbing yang seringkali menyebalkan, membuat banyak pejuang skripsi hilang motivasi sehingga menyerah ditengah jalan. Dengan mengakrabkan diri dengan Dosen, dijamin kamu akan bisa menyelesaikan skripsimu dengan segera. Selain itu, dengan mengakrabkan diri dengan Dosen, kamu pasti akan dimudahkan ketika melakukan ujian skripsimu nantinya.

14. Meminta Teman Dekatmu Untuk Selalu Mengingatkanmu

Sahabat Skripsi

Meminta teman untuk mengingatkan via www.statravel.co.uk

Mintalah teman terdekatmu untuk selalu mengingatkanmu saat kamu malas mengerjakan skripsi. Minta dirinya untuk membangkitkan motivasimu agar rasa malasmu tidak jadi berlarut-larut. Selain membangkitkan motivasimu mengerjakan skripsi, meminta temanmu untuk mengingatkanmu mengerjakan skripsi juga bisa meningkatkan rasa suportif dalam persahabatan kalian.

15. Bermain Bersama Hewan Kesayangan

motivasi

Bermain bersama hewan kesayangan via www.catster.com

Bermain bersama hewan kesayanganmu juga bisa kamu lakukan ketika motivasimu dalam mengerjakan skripsi mulai hilang. Jika kamu tidak punya hewan peliharaan, pergilah ke kebun binatang terdekat dan lihatlah berbagai hewan di sana. Bermain bersama hewan terbukti akan membuat hatimu senang dan termotivasi untuk mengerjakan skripsmu kembali, lho!

16. Jangan Lupa Untuk Selalu Berdoa

Motivasi Skripsi

Berdoa via www.boston.com

Hal yang paling penting untuk kamu lakukan ketika semangatmu dalam mengerjakan skripsi menurun adalah berdoa. Mintalah pada-Nya agar pengerjaan skripsimu selalu dimudahkan dan cepat dapat diselesaikan. Jangan ragu untuk curhat tentang segala kesulitanmu pada-Nya. Dengan berdoa, dijamin deh, hatimu semakin tenang dan membangkitkan motivasimu kembali dalam mengerjakan skripsi.

17. Melakukan Refleksi Diri

motivasi skripsi

Refleksi diri via davidrycroft.com

Melakukan refleksi diri dapat juga dapat kamu lakukan ketika kamu jenuh mengerjakan skripsi. Ingatlah tujuan hidupmu ke depan, berbagai hal lain yang ingin kamu capai, dan mengapa skripsimu tidak kunjung selesai. Setelah merefleksikan dirimu, semangatmu mengerjakan skripsi akan kembali.

Begitulah kira-kira beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menambah motivasimu mengerjakan skripsi. Ayo, bangkitkan terus semangat dan motivasi kita agar skripsi cepat selesai. Ingatlah jika tidak ada hal yang mustahil jika kita tetap berusaha. Kira-kira kamu punya tips lain, nggak ya, untuk para pejuang tugas akhir ini? Yuk, berbagi tips agar kita semua cepat lulus!

loading...
loading...

Add Comment