2 Memorabilia Tinju Muhammad Ali Dilelang, Minat?

Pulangkerja.com – Dua peninggalan petinju Muhammad Ali yaitu sabuk tinju kejuaraan kelas berat WBC 1974 serta surat yg menceritakan dirinya memeluk agama Islam, akan mulai dilelang pada September mendatang.

Dikutip dari Reuters, Rumah lelang Heritage Auctions menyampaikan lelang ini juga termasuk pakaian yang Muhammad Ali kenakan ketika kemenangan melawan George Foreman di Zaire pada 1974, yg dikenal sebagai “Rumble in the Jungle”.

Rumble in the Jungle: Muhammad Ali v George Foreman 1974

Rumble in the Jungle: Muhammad Ali v George Foreman 1974

Rumble in the Jungle: Muhammad Ali v George Foreman

Rumble in the Jungle: Muhammad Ali v George Foreman

Ali menulis bagi majalah Life pada 1964 tentang dirinya yg memeluk agama Islam dan meninggalkan nama yg dipakainya sejak lahir, Cassius Clay. Surat itu diprediksi laku di atas 100.000 dolar dalam lelang di Dallas itu. Perpindahan Ali ke Islam menjadi salah sesuatu hal terkenal di sejarah Amerika Serikat. Ia bergabung dengan gerakan Black Muslim di bawah arahan Malcolm X.

Kathleen Guzman, direktur Heritage Auction, menyampaikan surat bertanggal 18 Februari 1964 itu ditulis setelah ia diwawancara majalah tersebut, yg juga mengumumkan Ali mengganti namanya. “Editor, terutama Jack McDermott, khawatir ia ingkar saat artkel majalah Life terbit. Jadi, dia merobek secarik kertas dan minta dia (Ali) tanda tangan bahwa ia betul mengganti namanya,” kata Guzman.

Heritage menyampaikan sabuk World Boxing Council yaitu yg pertama diraih oleh pemenang kelas berat tiga kali berturut-turut dan diperkirakan terjual seharga 600.000 dolar.

Sabuk World Boxing Council Muhammad Ali

Sabuk World Boxing Council Muhammad Ali

Sabuk World Boxing Council Muhammad Ali pada eksibisi 17  Januari 2012

Sabuk World Boxing Council Muhammad Ali pada eksibisi 17 Januari 2012

Ali meninggal dalam usia 74 tahun pada 4 Juni dulu setelah bertahun-tahun berjuang melawan Parkinson dan ditangisi oleh berbagai orang di dunia.

Direktur Benda Olahraga Heritage Chris Ivy menyampaikan mereka mendapat banyak telepon dari para kolektor yg menginginkan benda-benda Ali. Memorabilia Ali yg dilelang berasal dari para kolektor, tak ada yg berasal dari keluarga.

loading...
loading...

Add Comment