5 Khasiat Jahe Bagi Kesehatan

loading...

Jahe adalah sejenis rempah yang sudah di kenal khasiatnya dari dulu. Bahkan sampai saat ini, jahe masih tetap eksis di gunakan pada jamu-jamu tradisional ataupun pengobatan alternative. Tumbuhan yang di kenal tak membutuhkan perawatan yang khusus ini memang memiliki segudang khasiat yang di kandungnya. Lalu, apa saja sih khasiat jahe ini untuk kesehatan? Ada beberapa penyakit yang dapat di obati lewat perantara jahe ini. Sebagai obat alami, jahe tentu jauh dari efek samping yang buruk bagi tubuh. Di bawah ini saya akan coba jelaskan beberapa penyakit yang dapat di obati dengan jahe dan bagaimana cara pembuatanya.
Khasiat Jahe

1. Menyembuhkan Rematik.

Jahe juga dapat di gunakan sebagai obat rematik. Kandungan yang ada pada jahe sangat bermanfaat  untuk membantu meredakan rematik. Adapun caranya adalah sebagai berikut: Ambil satu atau dua rimpang ruas jahe, panaskan di atas bara api kemudian tumbuk. Lalu tempelkan tumbukan jahe tadi pada tempat yang terkena nyeri rematik.

2.Mengobati Masuk Angin.

Jahe juga dapat di gunakan sebagai obat masuk angin. Caranya adalah: Siapkanlah jahe yang besarnya sebesar ibu jari, cuci hingga bersih kemudian di memarkan atau bisa juga di parut. Lalu rebuslah dengan 2 gelas air di tambah gula jawa atau gula aren secukupnya, biarkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu tiriskan tunggu hingga dingin, ketika sudah hangat segera minum dalam keadaan hangat.  Nah, jahe akan memberi efek yang menghangatkan tubuh sehingga dapat membantu meringankan masuk angin.

loading...

3. Mengobati Flu/Pilek.

Jahe juga dapat di gunakan untuk meredakan penyakit flu atau pilek. Adapu caranya adalah sebagai berikut: Siapkan jahe segar sebanyak 500 gram, Kemudian iris dan rebus dalam air panas kurang lebih selama 20 menit. Lalu tambahkan gula merah 100 gram. Minumlah ramuan tersebut sebanyak 4-5 kali sehari.

4. Mengobati sakit kepala dan migraine.

Jahe juga berkhasiat dsapat menyembuhkan sakit kepala dan juga migraine(Sakit kepala sebelah). Adapun caranya adalah sebagai berikut: Ambil ruas jahe sebesar ibu jari lalu cucilah hingga bersih. Kemudian bakarlah jahe lalu di memarkan dan seduh dengan segelas air. Tambahkan gula jawa atau gula aren secukupnya lalu di minum 3 kali sehari secara teratur.

5. Membantu Atasi Mabuk Kendaraan.

Jahe juga sangat ampuh untuk membantu mengatasi mabuk kendaraan. Adapun caranya adalah sebagai
berikut: SAiapkan jahe yang sebesar ibu jari, cucilah hingga bersih dan iris tipis-tipis. Kemudian rebuslah dengan segelas air dan minum selagi hangat. Lakukan langkah ini 30 menit sebelum melakukan perjalanan.

Dan masih banyak lagi penyakit-penyakit lainya. Jahe juga dikenal dapat di gunakan untuk merawat kesehatan kulit loch. Tapi mungkin saja akan saya sampaikan pada artikel selanjutnya. Demikian artikel singkat tentang 5 khasiat jahe bagi kesehatan.

loading...
loading...

Add Comment