Amazing… Seni Lukis Dari Tanah Liat yang Mendunia

loading...

PulangKerja.com –¬†Seorang seniman lukis bernama Zaenal Beta, asal Makassar ini bisa di bilang sebagai seniman era modern pertama di dunia yang menggunakan tanah sebagai media catnya. Hasil karyanya benar-benar unik dan memiliki art yang berbeda dari karya-karya seniman lukis lainnya. Kenapa di bilang unik? karena media pengganti catnya menggunakan tanah liat, meskipun tanah hanya memiliki satu warna dasar coklat, namun di tangan Enal (sebutan akrabnya) menjadi memiliki beberapa warna turunan dan tekstur ‘cat’ yang unik dan menarik.

Seni Lukis Dari Tanah Liat 2

Seni lukis dari tanah liat ini berawal dari sebuah insiden kecil yang dialami oleh Enal, saat itu Enal muda akan melakukan pameran di Dewan Kesenian Makassar (DKM). Ketika akan membeli cat tiba-tiba kanvasnya terjatuh di tanah merah, yang saat itu jalannya dalam kondisi perbaikan, kanvasnya terkena tanah dan segera diusap oleh Enal, saat kanvas diusap itulah justeru usapan itu menurut daya imajinasinya memunculkan gambar dan bentuk.

Seni Lukis Dari Tanah Liat 1

Hasil dari pengalaman dan eksperimennya ternyata setelah menggunakan tambahan alat, sebuah bilah bambu sebagai kuasnya, menjadikan karya lukisnya semakin ‘sempurna’. Ciri khas lain lukisan Zaenal adalah cap jempol yang menjadi bagian dari lukisannya. Lukisan tanah liat Zaenal Beta kini menjadi populer dan banyak dipajang di hotel-hotel berbintang.
Ia banyak mendapatkan berbagai penghargaan dan masuk dalam 60 besar kompetisi seni lukis se-ASEAN dan diperhitungkan di Beijing, Cina. (sumber)

loading...

Seni Lukis Dari Tanah Liat 3 Seni Lukis Dari Tanah Liat 4 Seni Lukis Dari Tanah Liat 5 Seni Lukis Dari Tanah Liat 6 Seni Lukis Dari Tanah Liat 7 Seni Lukis Dari Tanah Liat 8 Seni Lukis Dari Tanah Liat 9 Seni Lukis Dari Tanah Liat 10 Seni Lukis Dari Tanah Liat 11 Seni Lukis Dari Tanah Liat 12

loading...
loading...

Add Comment