Anime Jadul Yang Kalau Tayang Lagi Bakal di Sensor Habis-habisan

loading...

PulangKerja.com – Sensor ketat yang dilakukan oleh beberapa stasiun TV terhadap film-film action luar negeri yang ditayangkan menimbulkan protes keras dari kalangan netizen. Sensor yang dinilai terlalu berlebihan, termasuk memotong beberapa frame adegan pertarungan yang notabene termasuk adegan krusial membuat tayangan tersebut menjadi jauh dari kata layak tonton. Tayangan anime bergenre action ternyata juga tidak luput dari tajamnya guntingan sensor. Dan bisa ditebak, reaksi keras juga menggema dari kalangan penggemar anime tanah air. Banyaknya adegan pertarungan yang terkena sensor membuat anime yang ditayangkan menjadi tidak enak dilihat. Bahkan beberapa anime favorit juga terpaksa berhenti tayang akibat dinilai terlalu mengumbar kekerasan. Padahal, di tahun 90 sampai awal 2000-an, banyak sekali anime-anime action yang lumayan keras yang aman dari sensor, bahkan ditayangkan sampai episode terakhir. Berikut ini beberapa anime tahun 90-an yang jika ditayangkan kembali bakalan terkena sensor habis-habisan, atau bahkan dilarang tayang sama sekali, dikarenakan konten yang penuh kekerasan.

Saint Seiya

 

Neon Genesis Evangelion

Genre: Apocalyptic Anime

Neon Genesis Evangelion

Anime ini bercerita tentang usaha manusia yang bertahan dari serangan ras alien raksasa yang disebut angel / sitoh (messenger of god). Manusia kemudian menciptakan mecha raksasa yang dinamakan EVA unit, yang notabene merupakan kloningan angel yang berhasil ditangkap untuk menangkal serangan tersebut. Beberapa remaja terpilih ditugaskan untuk menjadi pilot EVA unit. Temanya klise seperti anime super robot lainnya dan terdengar menyenangkan buat anak-anak. Tapi tunggu dulu, ternyata anime ini mempunyai jalan cerita yang kelam, sangat kelam bahkan cukup disturbing untuk dikonsumsi anak-anak. Bahkan adegan kekerasan dan pembunuhan banyak bertebaran di tiap episodenya, yang juga terselip beberapa adegan seksual. Mungkin adegan yang paling diingat adalah saat Shinji tidak sengaja bertemu Rei yang baru saja keluar dari kamar mandi dan masih berbalut handuk. Anime akhirnya dihentikan penayangannya walaupun jam tayangnya pukul 12 malam.

 

Science Ninja Team Gatchaman

Genre: Tokusatsu Anime

Science Ninja Team Gatchaman

Di televisi kita, anime ini dikenal dengan judul G-Force: Guardian of Space dan populer sekitar awal 90-an. Sekilas anime ini juga mirip anime mecha yang khusus buat anak-anak. Menceritakan lima remaja yang tergabung dalam sebuah organisasi internasional yang berusaha melawan seorang penjahat berbahaya bernama Galactor. Si Galactor yang mempunyai misi menguasai Bumi, sering menteror kota dengan mengirim robot-robot raksasa super canggih. Pertempuran antara team Gatchaman dengan robot-robot tersebut sangat menarik dan anak-anak pasti menyukainya. Ups! Tapi ternyata anime ini cukup banyak mengumbar adegan kekerasan. Adegan yang paling sering adalah pertarungan antara team Gatchaman dengan anak buah Galactor, dimana para jagoan kita tidak segan membunuh lawannya dengan lethal technique. Selain itu anime ini juga sesekali menampilkan darah dan pembunuhan. Walaupun begitu, kenyataannya anime ini cukup lama tayang di televisi.

 

Street Fighter II V

Genre: Action & Martial Artse

Street Fighter II V

Anime ini merupakan adaptasi dari game fighting keluaran Capcom berjudul sama, dan tayang di televisi sekitar tahun 1997. Walaupun secara plot agak menyimpang dari cerita original game-nya, tapi anime ini sangat populer. Namanya juga adaptasi dari game fighting, tentunya anime ini sarat dengan adegan baku hantam. Memang begitu kenyatannya, anime ini banyak mengumbar adegan kekerasan. Pertarungan antara tokohnya digambarkan begitu keren, detail dan berdarah-darah. Bahkan adegan pertarungan antara Ken melawan Vega, menurut TS merupakan pertarungan paling berdarah yang pernah ada di anime ini. Selain itu, anime ini juga memuat adegan pembunuhan yang lumayan sadis. Adegan sensual juga ada lho di anime ini, terutama saat Chun Li melawan M.Bison, yang… ah yang sudah nonton pasti tahu lah…

 

Kamen no Ninja Akakage

Genre: Tokusastsu Anime

Kamen no Ninja Akakage

Di televisi kita anime ini dikenal dengan judul Ninja si Bayang Merah tayang sekitar akhir 80-an. Anime ini sebenarya merupakan remake dari serial yang berjudul sama keluaran tahun 1967. Bedanya, serial aslinya berformat live-action. Plotnya menceritakan tiga orang ninja bernama Akakage (si bayang merah), Aokage dan Shirokage yang berjuang melawan tirani yang berkuasa saat perang sipil di Jepang terjadi sekitar akhir abad 16. Seperti anime bertema ninja atau samurai pada umumnya. anime ini cukup eksplisit menampilkan adegan kekerasan. Pertarungan para ninja dengan katananya ditampilkan dengan detail lengkap dengan cipratan darah dimana-mana. Bahkan di tiap episode selalu saja ada adegan pertarungan dengan banyak darah dan korban tewas. Anime ini akhirnya berhenti tayang akibat content yang terlalu gory tersebut.

loading...

 

Mobile Suit Gundam Wing

Genre: Military Science Fiction

Mobile Suit Gundam Wing

Serial anime Gundam merupakan anime real-robot yang sangat populer, dan sudah banyak serinya yang muncul. Sesuai konsepnya sebagai anime mecha, tentu saja anime ini banyak sekali memuat adegan pertempuran antara robot-robot yang keren, yang disukai oleh anak-anak. Begitu juga dengan Gundam Wing yang dulu sempat tayang di TV sekitar tahun 2002, yang didalamnya banyak mecha-mecha yang sangat keren, dengan adegan pertarungan antar robot yang memukau. Tapi sesuai dengan pakem cerita Gundam series,plot cerita dalam Gundam Wing lumayan berat dengan intrik-intrik politik yang rumit. Bahkan dasar ceritanya yang berkisah tentang 5 orang anak pilot Gundam yang diharuskan maju berperang sudah merupakan kontroversi tersendiri. Adegan pembunuhan cukup banyak di anime ini, karena sang tokoh utama Heero Yuy ternyata punya kata-kata favorit, “aku akan membunuhmu…”

 

Pretty Soldier Sailor Moon

Genre: Shoujo Magical

Pretty Soldier Sailor Moon

Serial anime ini sangat populer di tahun 1993. Menceritakan lima gadis SMP yang mendapatkan kekuatan ajaib untuk melindungi dunia dari Queen Beryl dari Dark Kingdom. Sebenarnya tidak ada yang salah dari anime ini. Walaupun banyak memuat adegan pertarungan tetapi jauh dari kesan brutal bahkan cenderung fun yang dibumbui komedi cheesy. Selain itu anime ini juga kental nuansa romansa ala remaja pada umumnya terutama kisah cinta antara Usagi dan Mamoru. Cuma masalahnya ..ehmmm… di anime ini para tokoh utamanya terutama para sailor mengenakan kostum yang sangat seksi, dengan mini skirt yang sangat-sangat pendek sekali. Apakah anime ini distop penayanganny? Oh tidak, serial ini dengan nyaman tayang bahkan berlanjut sampai Sailor Moon R hingga tamat. Kalau sekarang ditayangkan? Mungkin akan banyak buram-buram yang menghiasi layar kaca saat pasukan sailor beraksi..

 

Virtua Fighter

Genre: Action & Martial Arts

Virtua Fighter

Selain Street Fighter II V, pertelevisian kita juga pernah kedatangan anime adaptasi game fighting populer yaitu Virtua Fighter. Seperti Street Fighter II V, anime adaptasi ini juga memuat banyak sekali adegan pertarungan yang lumayan brutal, walaupun tidak sebrutal Street Fighter II V. Secara plot, entah sesuai dengan game-nya atau tidak, mengingat game-nya juga tidak mempunyai alur cerita yang pasti, berkisah tentang Akira Yuki seorang ahli beladiri aliran Bajiquan yang berpetualang demi memperkuat ilmu beladirinya. Ternyata selain memuat banyak adegan baku hantam, anime ini juga ada adegan hot bahkan di awal-awal episodenya, misalnya adegan Pai Chan yang tidak sengaja first kiss dengan Akira dan Akira yang tidak sengaja menyentuh… ah sudahlah. Meskipun begitu anime ini ditayangkan tahun 1997 bahkan sampai dua season hingga tamat.

 

Rurouni Kenshin – Meiji Kenkaku Romantan

Genre: Chambara

Rurouni Kenshin - Meiji Kenkaku Romantan

Anime ini tayang sekitar tahun 2001 dan langsung populer di kalangan pecinta anime tanah air. Anime ini menceritakan seorang samurai bernama Kenshin Himura yang ternyata adalah mantan pembunuh era perang Bakumatsu. Seperti halnya anime chambara atau bertema samurai, anime ini banyak menyajikan pertarungan pedang yang brutal dan berdarah, meskipun tidak sesadis manganya. Semakin cerita berkembang, semakin banyak pertarungan yang terjadi. Memang sang tokoh utama sudah bersumpah takkan membunuh lagi, tetapi kenyatannya pertarungannya dengan beberapa musuhnya lumayan bikin bergidik, terutama pertarungan Kenshin melawan Saito atau juga saat melawan Kojiro. Adegan pembunuhan yang dihiasi cipratan darah juga cukup banyak misalnya adegan pembunuhan perdana menteri Okubo oleh Sojiro. Anime ini mempunyai versi OVA yang berjudul Requiem for the Ishin Patriots yang juga pernah ditayangkan di salah satu stasiun TV swasta. Yang berjudul Trust & Betrayal kapan tayang? Not in a million years..

 

Saint Seiya

Genre: Martial Arts & Mythic Fiction

saint saiya

Siapa yang tidak kenal Saint Seiya? Anime yang tayang sekitar awal tahun 90 ini harus diakui merupakan salah satu anime paling populer di tanah air. Plotnya yang menceritakan pertarungan para saint yang dipadukan dengan kisah mitologi Yunani membuat anime ini sangat menarik untuk diikuti. Apalagi adegan pertarungannya yang menawan diiringi dengan jurus-jurus ikonik seperti meteor pegasus, atau debu-debu intan. Tetapi ternyata anime ini tergolong anime yang sarat dengan adegan kekerasan dengan dihiasi berbagai adegan baku hantam yang cukup sadis. Muncratan darah merupakan pemandangan yang umum saat para saint saling barter jurus-jurus maut mereka. Bahkan di beberapa episode para saint bertarung sampai salah satu tewas. Apalagi episode saat para Bronze Saint berusaha menembus dua belas istana yang dijaga oleh para Gold Saint yang sangat kuat. Meskipun penuh adegan kekerasan, serial ini dengan nyaman tayang hingga story arc kedua. (sumber)

loading...
loading...

Add Comment