Bulutangkis, Jagoan Indonesia Menguasai Dunia

loading...

PulangKerja.com – Kita kerap sinis terhadap prestasi olahraga bangsa kita sendiri karena di beberapa bidang olahraga prestasi bangsa kita memang kurang membanggakan. Seperti misalnya di bidang sepakbola yang di gelanggang internasional memang kurang layak dibanggakan.

atlet bulutangkis indonesia juara dunia bulutangkis

Namun khusus di bidang bulutangkis sebenarnya banyak warga Indonesia yang berhasil mengukir prestasi kelas dunia. Misalnya Rudi Hartono tercatat di MURI sebagai pebulutangkis pemegang rekor dunia dalam hal berhasil menjuarai All England tidak kurang dari delapan kali secara berturut-turut.

Rudi Hartono

Taufik Hidayat merupakan pebulutangkis tunggal-putera pertama di dunia pemegang gelar juara dunia BWF sekaligus medali emas Olimpiade secara bersamaan di samping rekor dunia pukulan smash tercepat yang mencapai 305 km/jam dan backhand smash tercepat yang mencapai 206 km/jam. Taufik Hidayat juga memperoleh anugerah MURI atas pembangunan museum dan pusat latihan bulutangkis Taufik Hidayat Arena.

Taufik Hidayat

loading...

Susi Susanti juga pencipta rekor dunia yang tidak tertandingi bukan saja sebagai warga Indonesia pertama yang berhasil merebut medali emas Olimpiade namun juga bersama suaminya Alan Budikusuma merupakan pasangan suami-isteri pertama dan satu-satunya di dunia yang masing-masing berhasil merebut medali emas Olimpiade di bidang olahraga yang sama pada Olimpiade yang sama. Susi Susanti juga empat kali menjadi juara tunggal-puteri All England.

Susi Susanti

Tim Bulutangkis Indonesia juga merupakan tim nasional yang paling sering merebut piala Thomas sebagai regu bulutangkis terbaik di planet bumi ini. Di bidang bulutangkis , bangsa Indonesia memang layak merasa bangga namun sebaiknya tidak melupakan jasa Tan Joe Hok yang memperoleh anugerah penghargaan MURI sebagai warga Indonesia pertama yang tampil menjadi juara pertama tunggal putera All England 1959 dan peraih medali emas untuk bulutangkis di Asian Games 1962 . Tan Joe Hok bersama Ferry Sonneville, Eddy Yusuf, Olich Solihin, Lie Po Djian, Tan King Gwan, dan Njoo Kim Bie sebagai tim Indonesia pada tahun 1958 juga memboyong Piala Thomas untuk pertama kali ke Tanah Air.

piala Thomas

Tan Joe Hok dielu-elukan oleh majalah olahraga terkemuka The Sport Illustrated sebagai seorang olahragawan tak terkalahkan di gelanggang kejuaraan dunia. Tan Joe Hok telah berjasa sebagai suri-teladan yang telah menanamkan rasa percaya diri pada sanubari bangsa Indonesia sehingga para pendekar bulutangkis Indonesia bersemangat menguasai dunia.

Tan Joe Hok

Tentu masih banyak lagi prestasi-prestasi unggul di bidang olahraga bulutangkis Indonesia yang belum tercatat di MURI. Maka silakan para Kaskuser memberikan masukan-masukan informasi tentang prestasi-prestasi unggul putera-puteri Indonesia untuk menambah perbendaharaan catatan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia di bidang bulutangkis. (sumber)

loading...
loading...

Add Comment