Dasar Gerakan Senam Kegel dan Manfaatnya

loading...

Kesehatan – Senam kegel ditemukan oleh oleh dr. Arnold Kegel pada tahun 1945. Pada walnya senam kegel ditujukan bagi wanita yang sering mengalami masalah karena tidak bisa menahan air seninya. Namun, ternyata selain bisa mengatasi masalah tersebut. Senam kegel ternyata juga bermanfaat menghangatkan kembali hubungan suami istri.

Senam Kegel

Manfaat Senam Kegel

Bagi wanita, manfaat senam kegel karena bisa mengencangkan otot-otot panggul serta otot-otot pada area sekita Miss V sehingga lebih peka dan mudah terkena rangsangan. Bagi wanita yang baru melahirkan, senam ini bermanfaat mengencangkan kembali organ kewanitaan seperti semula. Senam kegel dianjutkan bagi wanita untuk dilakukan secara rutin demi kesehatan dan keharmonisan rumah tangga.

loading...

Dasar Gerakan Senam Kegel

Berbaring/Terlentang

Lakukan senam kegel dengan berbaring/terlentang. Letakkan tangan disamping tubuh, tekuk lutut dan renggangkan kurang lebih 30 cm. Gunakan bantak untuk menyangga pundak dan kepala dan telapak kaki menyentuh lantai.

Rileks

Rileks dan kendurkan seluruh otot tubuh, kecuali otot untuk menyangga panggul. Jangan gerakkan kaki, badan maupun pinggul selama berlatih.

Gerakan Lambat

Kontraksikan otot panggul perlahan lahan dari pelan dan ringan hingga maksimal. Tahan 4 detik, lepaskan dan rileks selama 4 detik juga. Ulangi 5 kali, tingkatkan secara bertaham sampai dengan periode 10 detik.

Gerakan cepat

Kontraksikan otot panggul secara cepat, tahan 1 detik lepaskan 1 detik ulangi 5 kali dan lakukan rutin.

loading...
loading...

Add Comment