Gejala Tipes dan Tanda-Tanda Seseorang Terkena Penyakit Tipes

loading...

Gejala tipes sering ditandai dengan demam tinggi yang mencapai 40 derajat celcius. Selain demam tinggi, biasanya gejala tipes juga bebarengan dengan gangguan pencernaan maupun pusing atau mual.

Apakah Penyakit Tipes Itu?

Penyakit tipes adalah sejenis penyakit dengan gejala demam tinggi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Pada awalnya, gejala tipes ditandai dengan nafsu makan berkurang, pusing-pusing, gangguan pencernaan serta demam tinggi. Namun kadang kita tak terlalu peduli dengan gejala-gejala tersebut karena hanya mirip dengan demam biasa saja. Gejala tipes dapat diketahui melalui pemeriksaan lab dengan menganalisa darah maupun feses dan biasanya gejala tipes berlangsung sekitar 7-10 hari jikalau tak segera mendapatkan penanganan biasanya akan berakibat seseorang menderita penyakit tipes yang cukup berat.

Gejala Tipes

Beberapa gejala tipes adalah Panas tubuh yang semakin hari bertambah tinggi, terutama pada sore dan malam hari. Terjadi selama kurang lebih 7-10 hari, kemudian panasnya menjadi berkelanjutan. Umumnya paginya sudah merasa baikan, namun ketika menjelang malam kondisi mulai menurun lagi.

loading...

– Pada fase awal timbul gejala lemah, sakit kepala, infeksi tenggorokan, rasa tidak enak di perut, sembelit atau terkadang sulit buang air besar, dan diare.

– Pada keadaan yang berat penderita bertambah sakit dan kesadaran mulai menurun.

Penyebab Penyakit Tipes

Penyakit tipes biasanya disebabkan karena lingkungan tempat tinggal kurang menerapkan pola hidup bersih, khususnya air yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Apabila seseorang meminum air yang didalamnya mengandung bakteri Salmonella typphi dan kondisi orang tersbut kurang fit, maka dengan mudah akan terjangkit penyakit tipes.

Penanganan Gejala Tipes

Untuk pencegahan dapat dilakukan vaksinasi khusus untuk mencegah penyakit tipes. Dan jika salah satu anggota keluarga menderita penyakit ini, maka sebaiknya anggota kelurga lain juga melakukan vaksinasi ini. Penanganan pertama yaitu pasien harus segera diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan analisa pasti mengenai penyakit yang diderita. Secara herbal, sekarang banyak yang berjualan jamu tipes dan jika ingin membeli jamu tersebut, pastikan jamu yang Anda beli sudah mendapatkan izin dari BPPOM.

sumber

loading...
loading...

Add Comment