Heboh, “Gereja Ayam” Bangunan Tersembunyi di Puncak Bukit Indonesia

loading...
PulangKerja.com –  Kota Magelang adalah kota yang hanya memiliki luas ± 18 km², merupakan satu-satunya kota yang dikelilingi 5 gunung, ada Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Sumbing, dan Pegunungan Menoreh. Walaupun kecil tapi kota ini banyak memiliki tempat wisata yang tak kalah menariknya dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Selain wisata alamnya Kota Magelang juga memiliki tempat peninggalan-peninggalan bersejarah yang akan menambah pengetahuan anda, misalnya candi-candi, museum-museum dan “Gereja Ayam” salah satunya. Tidak hanya itu, Magelang juga memiliki berbagai bangunan unik yang keren dan menarik.
Gereja burung di borobudur 3

Gereja Ayam Tempat Wisata di Magelang

Misalnya, Gereja Ayam, atau Gereja Merpati, ada juga yang menyebutnya dengan Gereja Burung karena bentuknya yang menyerupai seekor burung. Bangunan ini terletak di Bukit Rhema, salah satu dari sekian bukit yang berada di jajaran Borobudur, bangunan ini dihiasi ornamen-ornamen yang cantik dan sederhana, ada tangga berbentuk aneh untuk naik ke lantai atas, sebuah ruangan yang luas tanpa sekat, seperti tempat untuk melakukan ibadah selayaknya sebuah gereja, sedangkan pada bagian bawahnya, ada banyak ruangan berukuran 2×1 meter persegi tanpa jendela dan tanpa pintu, masih kurang jelas bangunan sekat kamar pada lantai bawah itu berfungsi sebagai apa. Tepatnya berada di Dusun Gombong, Desa Kembang Limus, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Menurut warga sekitar, bangunan itu sudah terbengkalai sejak 1990-an. Bangunan ini dulunya dijadikan sebagai tempat tinggal, sebelum dialih fungsikan menjadi gereja.
Gereja burung di borobudur  2 Gereja burung di borobudur 1 Gereja burung di borobudur 4 Gereja burung di borobudur 5 Gereja burung di borobudur 6 Gereja burung di borobudur 7 Gereja burung di borobudur 8 Gereja burung di borobudur 9 Gereja burung di borobudur 10
Walapun bangunan ini sudah lama terbengkalai dan tidak terurus, dan sudah banyak ditumbuhi oleh tumbuh-tumbuhan, tapi bangunan ini masih berdiri dengan megahnya di atas bukit. Banyak orang yang mengunjungi tempat ini karena tertarik akan keindahan tempatnya dan uniknya bangunan Gereja Ayam. Tidak banyak dari mereka yang menggunakan tempat ini sebagai lokasi untuk hunting foto. (sumber)
loading...
loading...

Add Comment