Pesona Indahnya Danau Segara Anak, Surga Kecil di Gunung Rinjani

loading...

PulangKerja.com – Gunung Rinjani yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, sejak dulu terkenal memiliki panaroma luar biasa indah apabila dibandingkan dengan gunung-gunung lain di Indonesia.

Segara Anak 5 Segara Anak 4 Segara Anak 3 Segara Anak 2 Segara Anak 1

 

Danau Segara Anak merupakan danau kawah (kaldera) Gunung Rinjani; berada di ketinggian sekira 2.008 m dpl dengan luas mencapai 1.100 hektar dan kedalaman berkisar 160 – 230 meter. Di tengah-tengah danau, nampak anak Gunung Rinjani yang dinamakan Gunung Baru Jari (gunung baru jadi) dengan ketinggian 2.376 mdpl. Gunung ini masih terbilang aktif dan terakhir meletus pada 2009 ; sebelumnya gunung ini juga meletus tahun 2004. Oleh karenanya, saat mengunjungi danau ini dan mendaki Rinjani, Anda harus hati-hati dan memperhitungkan rutinitas gunung merapi yang masih aktif ini dengan menghubungi pihak terkait (salah satunya Balai Taman Nasional Gunung Rinjani).

loading...

Segara Anak 6 Segara Anak 7 Segara Anak 8 Segara Anak 9 Segara Anak 10

Nama Segara Anak sendiri adalah berarti anak laut (segara=laut); hal ini didasarkan pada warna air danau yang kebiruan seperti warna air laut. Danau ini seolah ganjaran atas keringat dan tenaga yang terkuras setelah Anda lelah berjalan sebelum atau sesudah mendaki puncak Rinjani. Sebagai salah satu daya tarik utama Gunung Rinjani, danau ini sudah tentu menjadi jalur penting pendakian Rinjani yang merupakan gunung api tertinggi kedua di Indonesia. Danau yang berwarna kebiruan ini pun kaya akan ikan yang boleh dan bebas dipancing oleh pendaki dan masyarakat lokal. (sumber)

loading...
loading...

Add Comment