Inilah Alat-alat Dapur Tradisional Yang Masih Eksis Sampai Sekarang

loading...

PulangKerja.com – Peralatan rumah tangga kini lebih berkembang dan memiliki model beragam. Bahkan para ibu rumah tangga kini mulai meninggalkan peralatan untuk memasak tradisional dan beralih menggunakan peralatan yang lebih modern dan lebih canggih. Karena disamping lebih modern dan canggih alat-alat rumah tangga zaman kini dianggap lebih mudah dan praktis serta membuat dapur menjadi lebih bersih. Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya menggunakan peralatan dapur tradisional mempunyai nilai lebih. Memasak menggunakan peralatan dapur tradisional memberikan cita rasa yang lain dari pada yang lain. Rasa masakan justru lebih lezat apabila menggunakan alat-alat dapur tradisional.
Alat-alat dapur tradisional juga lebih sehat dibandingkan dengan alat-alat rumah tangga modern. Karena alat-alat dapur tradisional terbebas dari bahan-bahan kimia yang terdapat pada alat-alat dapur modern yang biasanya terbuat dari bahan-bahan plastik dan logam.
Beberapa Alat-Alat Dapur Tradisional Yang Masih Digunakan sampai sekarang diantaranya yaitu :

Cobek atau Ulekan

Cobek atau Ulekan

Alat ini biasanya untuk menghaluskan bumbu masak seperti rempah-rempah, bawang merah, bawang putih maupun cabai. Alat masak ini biasanya terbuat dari tanah liat, batu ataupun kayu. Kelezatan, aroma dan cita rasa lebih terasa jika dibandingkan dengan menggunakan blender. Itulah yang membuat cobek masih menjadi pilihan ibu rumah tangga untuk membuat bumbu-bumbu masak dan terutama untuk membuat sambal.

 

Talenan dari Kayu

Talenan dari Kayu

Talenan dari kayu juga masih banyak digunakan oleh ibu rumah tangga. Alat ini dipercaya lebih awet, karena terbuat dari kayu membuat talenan lebih kuat dari berbagai sayatan dan irisan pisau. Juga tidak akan mengeluarkan zat kimia meskipun tergores irisan pisau karena terbuat dari kayu.

loading...

 

Anglo

Anglo

Anglo merupakan alat dapur yang terbuat dari tanah liat. Alat ini digunakan untuk memasak seperti tungku, sedangkan untuk bahan bakarnya menggunakan arang. Meskipun sekarang mulai sedikit orang yang menggunakan namun kebanyakan pedagang makanan masih banyak yang menggunakannya. Karena menurut para pedagang memasak menggunakan anglo tetap dapat merpertahankan kelezatan dan cita rasa serta ciri khas masakan.

 

Tumbu

Tumbu

Tumbu biasanya digunakan untuk menyimpan bahan makanan. Bahan-bahan makanan yang biasa disimpan di dalam tumbu adalah umbi-umbian, beras, kacang-kacangan dan juga buah-buahan.

 

Irus

Irus

Irus adalah alat yang digunakan untuk mengaduk sayur selama proses memasak. Biasanya terbuat dari batok kelapa sedang tangkainya terbuat dari kayu namun ringan. Karena terbuat dari batok kelapa dan kayu membuat alat ini bebas dari karat dan anti bakteri. Meskipun banyak yang sudah beralih menggunakan sendok sayur modern namun irus masih tetap banyak peminatnya. (sumber)

loading...
loading...

Add Comment