Inilah Natron, Danau Neraka, Hewan pun Bisa Jadi Batu Jika Kesini !

loading...

PulangKerja.com – Sebagaimana yang diungkapkan oleh Hannes Mattson, seorang peneliti di Swiss Institute of Technology di Zurich, gunung Ol Doinyo Lengai adalah satu-satunya gunung di Planet ini yang dalam letusannya memuntahkan “natrocarbonatite” yang kaya akan kalium karbonat, nyerereite, sodium,dan gregoryite. Sebab gunung berapi lain biasanya memuntahkan kandungan silikat, sementara senyawa “natrocarbonatite” memiliki kadar jauh lebih asin dari silikat.

Danau natron

Letusan gunung tersebut juga menghasilkan material abu vulkanik yang menyebar ke segala penjuru, begitupun kapur magmatik yang telah ditempa dalam bumi, akhirnya keluar melalui aliran lava, dan disemburkan ke udara menjadi awan abu setinggi 10 mil yang kemudian masuk ke danau Natron.

natron

Proses inilah yang akhirnya menjelaskan setiap hewan yang terendam air danau Natron akan mengubah struktur fisiknya terlihat kering seperti masuk dalam adonan semen. Inilah kenapa tidak ada hewan yang bertahan hidup berada pada danau Natron. Bahkan, jika ada burung yang terjatuh masuk ke danau ini, tak akan lama setelah itu, senyawa atau kandungan pada danau natron akan mengubah daging burung tersebut menjadi keras seperti batu. Hanya spesies invertebrata, bakteri, alga dan ikan sejenis nila yang dapat bertahan hidup di sepanjang tepian danau yang kadar keasinannya rendah.

Air danau Natron yang panas dan asin

Air danau Natron yang panas dan asin

Fenomena ini merupakan realitas yang diketahui langsung oleh seorang fotografer Profesional, Nick Brandt saat mengunjungi danau Natron, yang melihat bangkai-bangkai hewan sudah mengeras seperti batu karena pengapuran, lalu kemudian ia mendokumentasikan keadaan pada danau Natron.

loading...

Hasil karya fotografi Nick Brandt tersebut saat ini dipamerkan di Hasted Kraeutler Gallery di New York dan rencananya akan dipublikasikan atau dimuat dalam buku fotografi yang berjudul “Across The Ravaged Land”. Nick Brandt mengambil gambar bangkai-bangkai hewan yang sudah mengeras itu dengan memosisikannya layaknya hewan yang masih hidup. (sumber)

 

Berikut adalah hasil karya Nick Brandt

Nick Brandt 1 Nick Brandt 2 Nick Brandt 3 Nick Brandt 4 Nick Brandt 5 Nick Brandt 6

 

loading...
loading...

Add Comment