Jenis-jenis Durian Langka, Punya Bentuk dan Warna yang Unik Bahkan Nyentrik!!

loading...

PulangKerja.com – Di Indonesia durian monthong sudah terkenal hingga mancanegara. Tapi tahukah Anda ada sangat banyak jenis buah durian yang bisa tumbuh. Beberapa di antaranya tidak terkenal karena rasanya yang kurang sedap atau langkanya tanaman jenis tertentu. Berikut beberapa jenis durian langka yang beberapa diantaranya punya bentuk dan warna yang unik bahkan nyentrik.

 

Durian Grandiflorus

Durian Grandiflorus

Varietas durian jenis ini banyak tumbuh di tanah Kalimantan. Masyarakat lokal sering menyebutnya sebagai durian hantu. Durian ini memiliki bentuk yang lonjong, duri yang kaku dan tajam serta memiliki kulit yang berwarna keabu-abuan. Daging buah ini berwarna kuning dan bisa dimakan. Rasa durian tidak terlalu dominan karena dagingnya cukup tipis.

 

Durian graveolens

Durian graveolens

Durian jenis ini termasuk dalam jenis durian hutan. Daging buah durian jenis ini cukup menarik karena dagingnya berwarna merah terang. Banyak orang terkejut dan menyangka bahwa daging durian ini diberi pewarna makanan. Durian jenis ini banyak tumbuh di Kalimantan dan termasuk salah satu yang popular. Di Kalimantan banyak penjual yang menjajakan sehingga tidak terlalu sulit menemukannya.

 

Durian Testudinarum

Durian Testudinarum

loading...

Jenis durian yang satu ini cukup langka, beberapa pohonnya tumbuh di Kalimantan tapi dengan jumlah yang terbatas. Daging buah durian ini punya tekstur yang lembut dan juicy dengan rasa yang manis. Baunya akan menyengat jika sudah matang. Lain dengan buah durian lain yang tumbuh di tangkainya, durian jenis ini tumbuh di batang pohon dan bahkan tumbuh rendah di dekat akar.

 

Durian Lowianus

Durian Lowianus

Sekilas durian ini tampak seperti durian yang banyak dijual di pasaran tetapi akan berbeda jika dilihat lebih teliti. Durian yang banyak tumbuh di Malaysia dan Thailand Selatan ini punya bentuk yang bulat dengan duri yang cukup runcing. Tapi dari warna kulit, durian ini terlihat berwarna hijau, bukan kuning kecoklatan. Daging buahnya berwarna putih dengan tekstur yang lembut namun padat. Aromanya akan menjadi semakin kuat ketika durian sudah mencapai usia matang.

 

Durian Dulcis Beccari

Durian Dulcis Beccari

Durian yang satu ini cukup nyentrik dan sedikit ajaib. Pohon durian ini sangat jarang, kalaupun ada pasti tumbuh jauh di tengah hutan Kalimantan. Ketika musimnya, durian matang jenis ini akan banyak berguguran di sekitar pohonnya. Bentuknya yang bulat sempurna dengan warna merah menyala sekilas tampak seperti hiasan pohon natal. Aroma durian ini sangat kuat dan akan berhembus ketika tertiup angin. Tak tanggung-tanggung, aromanya akan tercium beberapa kilometer di dalam hutan. (sumber)

loading...
loading...

Add Comment