Jersey Inggris Buatan Indonesia Ini Harganya Setara Sebulan Gaji Pekerja Pembuatnya

loading...
Jersey Inggris Buatan Indonesia

Jersey Inggris Buatan Indonesia Foto via www.nike.com

PulangKerja.com – Sebuah kabar mengejutkan soal dimana jersey timnas Inggris diproduksi terungkap baru-baru ini. Jersey Inggris buatan Indonesia, The Sun melaporkan jersey Inggris ternyata diproduksi di Jakarta, Indonesia. Pabrik tempat membuat baju tersebut adalah PT Grand Terbaik Indonesia. Beberapa jersey klub ternama seperti Barcelona dan Paris Saint Germain ternyata dibuat di pabrik itu juga.

 

03_04232149_7cd4eb_2911672a

Namun menurut kabar yang diberikan The Sun, pekerja di pabrik tersebut mendapatkan upah sedikit. Bahkan gaji satu bulan pekerja disana sama dengan gaji Wayne Rooney selama 10 menit. Saat ini jersey hasil PT Grand Terbaik Indonesia banyak dijual di Inggris.

Menurut pekerja bernama Karina, harga satu jersey Inggris buatan Indonesia yang dijual hampir sama dengan gaji para pekerja satu bulan. “Itu hampir satu setengah gaji kami selama satu bulan,” kata Karina.

“Untuk ukuran uang Indonesia, anda bisa membeli Laptop, TV, Sepeda untuk pergi ke sekolah,” lanjut Karina.

loading...

Jersey Inggris Buatan Indonesia

Menurut aturan legal, upah minimum para pekerja disana sekitar 165 pound atau setara Rp 3,1 juta. Gaji tersebut ternyata mendapat sorotan dari The Sun. Media asal Inggris itu menilai jumlah gaji yang diterima karyawan terlalu kecil. Sebab, harga baju Wayne Rooney dkk mencapai 60 Pound atau setara Rp 1,1 juta. “Sembilan puluh tiga persen pekerja disana adalah perempuan, mereka tinggal di gubuk-gubuk kecil, jalan-jalan kotor di mana kambing dan ayam bebas berkeliaran, selain itu banyak juga wilayah yang mereka tinggali berserakan penuh sampah,” tulis The Sun.

Jersey Timnas Inggris Buatan Indonesia

PT yang bekerjasama dengan Nike dan PT Grand Best Indonesia, Tuntex mengakui jika pelanggan yang bekerjasama dengan mereka selalu memperhatikan hal asasi manusia, keamanan, dan lingkungan.

Nike memang sebelumnya telah menghadapi tuduhan terkait upah buruh yang buruk dan hasil audit tahunan menunjukkan kebenaran hal itu.

(sumber)

 

loading...
loading...

Add Comment