Jika Tidak Digunakan Sebaiknya Charger Smartphone Dicabut atau Tidak?

loading...

PulangKerja – Tak bisa dipungkiri memang, mencabut charger smartphone merupakan hal yang paling jarang dilakukan oleh pengguna. Kebanyakan dari pengguna selalu membiarkan charger smartphone menempel pada stop kontak, padahal baterai smartphone sudah penuh. Lalu, timbul pertanyaan yang intinya ingin mengetahui, apakah charger smartphone yang tidak dicabut bisa membuat pengeluaran listrik menjadi membengkak? Pasalnya, listrik akan terus mengalir ke charger smartphone tersebut.

Pertanyaan ini tergolong rumit dan harus dibuktikan untuk mengetahui jawabannya. Untunglah, orang-orang dari How-to-Geek bersedia melakukan percobaan untuk mengetahui seberapa besar daya yang keluar saat charger smartphone menempel pada stop kontak. Dalam percobaan tersebut, mereka menggunakan sebuah alat pengukur daya atau Watt yang bernama Kill a Watt. Alat pengukur daya listrik ini diklaim bisa langsung mengetahui berapa besaran daya saat charger smartphone terpasang di stop kontak.

Menyesuaikan dengan kebiasaan masyarakat yang sering mencolokkan charger smartphone lebih dari satu, maka orang-orang dari How-to-Geek mencoba mengukur enam buah charger smartphone secara bersamaan. Hasilnya sungguh mencengangkan, enam buah charger smartphone yang menempel di stop kontak dan alat pengukur daya listrik tadi hanya mengeluarkan nilai 0,3 Watt saja. Sebelumnya, mereka sempat menjajal menggunakan satu charger smartphone dan tidak muncul nilai sama sekali. Kini, ketika ditambah menjadi enam buah charger, ternyata hasilnya tak berbeda jauh, yakni cuma mengeluarkan daya 0,3 Watt. Daya sebesar ini tidak akan membuat pengeluaran listrik Anda membengkak. Bahkan, mungkin tidak ada pengaruhnya sama sekali.

loading...

Namun, jika ditelaah dari segi keselamatan, tentu saja mencolokkan charger smartphone ke stop kontak secara terus menerus itu tak baik. Asal Anda tahu, setiap perangkat atau kabel yang dilalui oleh aliran listrik pasti akan menimbulkan panas. Jika hal itu dibiarkan, maka panas tersebut akan terkonsentrasi pada suatu bagian charger hingga akhirnya bisa menciptakan kebakaran. Anda tak mau bukan, rumah Anda terbakar gara-gara tidak melepas charger smartphone?

Di sisi lain, banyak orang yang mengatakan bahwa membiarkan charger smartphone tetap pada stop kontak akan membuat listrik membengkak itu hanya mitos belaka. Sebenarnya, faktanya ya itu tadi. Charger smartphone yang tidak dicabut dari stop kontak bisa membuat kebakaran. Kalau soal pengeluaran listrik jelas tak masalah karena enam buah charger smartphone saja hanya mengeluarkan daya 0,3 Watt. Itu tidak seberapa bila dibandingkan dengan pengeluaran listrik pada perangkat kulkas, AC, televisi, kipas angin, setrika, mesin cuci, lampu, dispenser, blender, dan lain-lain.

Untuk itu, setelah mengetahui hal tersebut, seharusnya Anda sudah bisa mengambil tindakan, terutama keamanan rumah. Sebisa mungkin, sebelum keluar rumah colokan-colokan perangkat elektronik yang tidak digunakan dilepas saja. Hal ini harus dilakukan karena pengeluaran daya listrik smartphone dan perangkat elektronik lainnya itu tidak sama. Bisa jadi, daya listrik yang dikeluarkan perangkat elektronik lebih besar daripada charger smartphone.

loading...
loading...

Add Comment