Manfaat Daun Sambiloto Bagi Kesehatan

loading...

Sambiloto atau andrographis paniculata adalah tumbuhan khas daerah tropis yang dapat tumbuh dimana saja. Daun dari tumbuhan sambiloto ini mengandung senyawa andrographolide. Rasa dari senyawa ini pahit akan tetapi bersifat melindungi hati. Pada umumnya daun sambiloto digunakan untuk mencegah radang, menurunkan panas, sakit perut, memperlancar air seni.(Baca Juga : “Manfaat Rosella Bagi Kesehatan)

Manfaat dan Khasiat Daun Sambiloto

loading...

Sebagian orang juga mempergunakan daun sambiloto untuk mengobati kencing manis. Caranya mudah yaitu ambil daun sambiloto segar sebanyak ½ genggam dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 ¼ gelas. Setelah selesai direbus kemudian air disaring dan disajikan atau diminum sehabis makan. Lakukan secara rutin 3 kali sehari. Jika untuk mengobati TB paru daun sambiloto kering digiling menjadi bubuk dengan ditambah madu secukupnya kemudian dibuat pil dengan diameter 0,5 cm. pil ini yang kemudian akan menjadi obat dengan diminum sehari 2-3 kali sebanyak 10-15 pil.

Daun sambiloto juga bisa digunakan obat tifus. Caranya dengan merebus beberapa helai daun sambiloto dengan 4-5 gelas air. Kemudian setelah mendidih, saring rembusan tersebut. Pastikan perkiraan air tinggal 1 gelas setelah itu diminum secara rutin 3 kali sehari. Selain beberapa manfaat diatas, masih ada lagi yaitu dapat mengobati disentri, malaria, dan akibat gigitan binatang berbisa. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

loading...
loading...

Add Comment