Manfaat Luar Biasa Air Putih Bagi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

loading...

PulangKerja.com – Kamu tentu bahagia bercampur cemas dan khawatir saat si kecil riang bermain dan berlarian kesana kemari. Tetapi yang harus kamu lakukan adalah memastikan si kecil cukup minum air putih. Banyak manfaat air putih yang di butuhkan anak kamu.

manfaat air putih bagi anak

Air putih sangat penting dalam perannya pada tubuh manusia. Lebih urgent lagi urusannya jika menyangkut pertumbuhan dan perkembangan anak.

Kamu harus pastikan anakmu mendapat asupan air putih yang cukup. Berikut manfaat air putih bagi anak

 

Hidrasi pada Tubuh Anak

Anak yang masih dalam usia 4-10 tahun adalah masa yang penuh keingintahuan pada apapun saja. Tentu saja hal ini kemudian membuat anak melakukan banyak kegiatan fisik di luar rumah.

Hidrasi pada Tubuh Anak

Dalam kegiatan yang membutuhkan banyak energi saat bermain dengan teman-temannya, ia akan membutuhkan cairan tubuh lebih banyak. Awasi dan bersiap sedialah dengan air putih untuk diminum si kecil saat ia mulai kehausan.

Proses mengasup air putih ini termasuk proses hidrasi pada tubuh anak dan dapat mencegah dehidrasi yang beresiko membuat tubuh anak lemas sehingga mudah terserang penyakit.

 

 

Aliran Darah Sempurna

Darah merupakan salah satu alat transportasi penting dalam tubuh manusia. Jika terjadi permasalahan dalam aliran atau saluran darah manusia, tubuh manusia akan segera drop dan mengalami masalah yang genting.

Aliran Darah Sempurna

Nah, dengan memenuhi kebutuhan asupan air putih si kecil, kamu dapat mengurangi resiko berbagai permasalahan dalam aliran darah buah hati. Darah menjadi encer dan tidak menggumpal. Oksigen dan nutrisi dialirkan dan dapat diserap dengan baik.

 

 

Ginjal yang Sehat

Selain dapat meningkatkan konsentrasi dan stamina anak, asupan air putih yang cukup juga dapat membantu ‘pembersihan’ ginjal dan menjaga kesehatan ginjal. Ginjal sebagai organ penyaring racun butuh pasokan air putih yang cukup.

loading...

Ginjal yang Sehat

Cara sederhana untuk melakukan check & re-check apakah asupan air putih si kecil telah cukup atau belum adalah dengan mengamati warna air kencing. Warna air kencing yang semakin mendekati bening berarti semakin bagus.

Jika air kencing buah hati berwarna kuning pekat, itu berarti ia harus lebih banyak minum air putih hari ini.

 

 

Kulit yang Sehat

Air putih yang cukup dikonsumsi oleh si kecil dapat membantunya menjaga suhu tubuh. Salah satunya adalah dengan menjaga kelembapan kulit si buah hati. Dengan demikian, secara otomatis kesehatan kulit anak kamu akan terjaga.

Kulit yang Sehat

Kulit yang sehat terhindar dari berbagai penyakit dan indikasi tidak sehat pada kulit seperti kulit kering dan bersisik, pecah-pecah, eksim, dan psoriasis. Jadi, jaga asupan air putih anak kamu dalam batas yang cukup.

 

 

Kesehatan Organ Buang

Apa anak kamu sering mengalami sembelit? Itu tanda bahwa anak kamu kurang minum air putih, selain kurang mengonsumsi serat juga. Nah, ajarkan anak untuk menyukai minum air putih.

Kesehatan Organ Buang

Konsumsi air putih yang cukup juga akan menghindarkan anak kamu dari ancaman resiko infeksi kandung kemih. Keadaan nyeri saat buang air kecil bisa jadi karena adanya infeksi pada kandung kemih.

Infeksi ini dapat disebabkan karena kurangnya pasokan air yang masuk ke dalam kandung kemih untuk memproses pembuangan sisa metabolisme. Residu yang ada di kandung kemih ini dapat menimbulkan penyakit, salah satunya adalah infeksi.

serat alami

 

Nah, dengan berbagai manfaat yang telah dijelaskan di atas, kamu harus pastikan dan biasakan anak kamu untuk minum air putih. Kamu bisa membuatnya menarik dengan mencampurkan berbagai potongan buah segar warna warni ke dalam botol minuman si kecil. (sumber)

loading...
loading...

Add Comment