Manfaat Pegagan Bagi Kesehatan

loading...

Pegagan merupakan tanaman yang berkhasiat bagi otak manusia. Tanaman ini biasa tumbuh dikebun, ladang, pematang sawah dan ditepi jalan. Tanaman ini bagus untuk dikonsumsi setiap hari. Sebagai pengganti ginko biloba yang ada dalam suplemen sintetis. Sudah sejak dahulu pegagan digunakan untuk obat, seperti obat kulit, gangguan saraf dan memperbaiki peredaran darah.(Baca Juga : “Konsumsi Buah Apel Agar Bebas dari Osteoporosis“)

Manfaat Pegagan

loading...

Tanaman ini berasal dari daerah Asia tropik, tersebar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, India, Republik Rakyat Cina, Jepang dan Australia kemudian menyebar ke berbagai negara-negara lain. Pegagan biasa dikenal untuk tanaman ini selain pegagan adalah daun kaki kuda dan antanan. Pegagan memiliki kandungan asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine dan tanin. Garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan juga besi.

Beberapa manfaat dari daun pegagan yaitu meningkatkan daya ingat, syaraf memori, mental dan stamina, menghentikan pendaharan, membersihkan darah, melancarkan peredaran darah, penurun panas dan masih banyak lagi. Untuk mendapatkan manfaat dari daun pegagan dapat dengan dikonsumsi secara langsung, seperti sebagai lalapan, dapat juga dengan dikeringkan untuk dijadikan teh atau diambil ekstraknya untuk dibuat kapsul atau diolah menjadi krem, salep, obat jerawat dan body lotion. Selamat mencoba.

loading...
loading...

Add Comment