Manfaat Tempuyung Bagi Kesehatan

loading...

Tanaman ini biasanya tumbuh liar dan subur di pinggir jalan, parit atau tepi sungai. Tempuyung atau sonchus arvensis memilki sifat mendinginkan dan memiliki rasa pahit. Daun tempuyung memiliki kandungan kimia yang bermanfaat bagi kesehatan karena dapat menjadi obat alami untuk beberapa jenis penyakit. (Baca Juga : “Manfaat Teh Bagi Kesehatan)

Manfaat dan Khasiat Tempuyung

loading...

Beberapa kandungan kimia daun tempuyung seperti manitol, inositol, silica, kalium, flavonoid, taraksasterol, beta-lactucerol dan a-lactucerol merupakan jenis nama zat yang sering kita jumpai di dalam obat-obatan biotic yang banyak dijual di pasaran. Daun tempuyung dapat digunakan sebagai obat bisul. Cara mengolahnya tidak terlalu sulit yaitu pertama, siapkan satu batang daun tempuyung, bersihkan dan buang akarnya, lalu cuci bersih dan selanjutnya ditumbuk hingga lumat serta tambahkan sedikit air bersih lalu peras dan ambil airnya. Oleskan air ramuan tersebut pada bisul secara rutin 2-3 kali sehari.

Selain itu tempuyung bisa juga digunakan untuk mengobati kencing batu. Caranya cukup mudah hanya merebus daun tempuyung ke dalam air 3 gelas. Setelah itu tunggu hingga air mendidih. kemudian setelah mendidih, saring dan seduh airnya setidaknya minum sebanyak 3 kali sehari agar khasiatnya cepat diserap oleh tubuh. Nah itulah beberapa manfaat daun tempuyung. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

loading...
loading...

Add Comment