Melihat Sumber-sumber Air Panas Mengagumkan Dengan Pemandangan yang Cantik di Taman Nasional Yellowstone, Amerika Serikat

loading...

PulangKerja.com – Taman Nasional Yellowstone yang terletak di Wyoming, Amerika Serikat merupakan daerah yang tergolong sebagai wilayah dengan kandungan geotermal yang sangat tinggi. Bahkan dikatakan kalau setengah kandungan geotermal dunia berada di taman nasional ini.

Taman nasional ini memiliki luas sebesar 9000 kilometer persegi. Kawasan ini sebenarnya merupakan sebuah gunung api berukuran besar yang telah meletus beberapa kali dalam kurun dua juta tahun. Aliran lava dan batuan dari letusan tersebut pun sebagian besar menutupi area Yellowstone.

Dengan ekosistem seperti itu, Taman Nasional Yellowstone ini pun memiliki banyak tempat yang menawarkan sumber air panas. Menariknya, tak hanya banyak, sumber air panas di Yellowstone ini pun menawarkan pemandangan yang sangat cantik. Berikut ini adalah beberapa sumber air panas tersebut.
The Grand Prismatic Spring
Sumber air panas pertama adalah The Grand Prismatic Spring. Sumber air panas yang satu ini merupakan sumber air panas paling besar yang ada di Taman Nasional Yellowstone dan di Amerika Serikat. Tak hanya itu, The Grand Prismatic Spring ini juga tercatat sebagai sumber air panas terbesar ketiga di dunia.

The Grand Prismatic Spring
Sumber air panas Grand Prismatic ini pertama kali ditemukan oleh para geologis yang tengah melakukan survei geologis Hayden pada tahun 1871. Keunikan sumber air panas yang satu ini terletak pada gradasi warnanya yang menampilkan warna biru, hijau, oranye, emas, merah serta coklat.

 

Crested Pool
Berikutnya adalah sebuah sumber air panas sedalam 42 kaki atau sekitar 13 meter bernama Crested Pool yang ada di Upper Geyser Basin di Taman Nasional Yellowstone. Sama halnya seperti Grand Prismatic, sumber air panas yang satu ini juga pertama kali ditemukan oleh Survei Geologi Hayden pada tahun 1871.

Crested Pool

Dan, sejak itu, sumber air panas ini pun memiliki beberapa nama. Survei Hayden memberikan nama tempat ini sebagai Fire Basin. Pada 1872, seorang penulis guidebook bernama Harry Norton menamaknnya sebagai Circe’s Boudoir. Nama-nama lainnya pun terus bermunculan seperti Diana’s Spring, Devil’s Well, Blue Crested Spring, Pool Beautiful, Castle Pool serta Diana’s Bath. Namun pada akhirnya pemerintah Amerika Serikat pada tahun 1927 secara resmi menamakan tempat ini sebagai Crested Pool.

 

Chromatic Spring

Chromatic Spring

loading...

Sumber air panas Chromatic Spring juga berada pada Upper Geyser Basin di Taman Nasional Yellowstone. Dan sumber air panas yang satu ini terhubung dengan sumber air panas cantik lain yang ada di sekitarnya. Kadang permukaan air di sumber air panas ini pun mengalami kenaikan dan penurunan.

 

Emerald Spring
Sumber air panas yang satu ini memperoleh namanya karena memiliki warna hijau cantik. Emerald Spring ini berada di Norris Geyser Basin. Sumber air panas ini memiliki kedalaman 8.2 meter dengan suhu sekitar 83.3 derajat Celcius.

Emerald Spring

Emerald Spring ini juga termasuk sebagai sumber air panas yang tenang. Tidak terlalu banyak gelembung yang muncul di permukaan.

 

Lion Geyser
Nah, ini dia sumber air panas yang mempunyai nama sangat garang, Lion Geyser. Sumber air panas ini berbentuk seperti cone dan terletak di Upper Geyser Basin.

Lion Geyser

Sumber air panas ini memiliki nama yang garang tersebut karena mengeluarkan suara mirip auman pada saat mengeluarkan uap kala terjadi erupsi. Bahkan Erupsi yang terjadi di tempat ini bisa mencapai ketinggian 90 kaki dan mampu bertahan hingga 7 menit.

 

Morning Glory Pool

Morning Glory Pool
Melihat tampilan dari sumber air panas yang satu ini, kesan pertamanya adalah bentuk yang sangat mirip dengan kelopak bunga. Dan memang, karena namanya pun diambil dari nama sebuah morning glory yang biasa mekar pada pagi hari.

 
Sapphire Pool

Sapphire Pool
Ada Emerald Pool, maka ada juga Saphire Pool. Dan, sumber air panas ini pun dinamakan begitu karena warna airnya yang cantik.

(sumber)

loading...
loading...

Add Comment