Inilah Wujud Asli Rumah di Gambar Uang Rp.10 Ribu

loading...

PulangKerja.com – Kalau punya uang Rp 10.000 perhatikanlah gambar rumah yang ada di sana. Jika penasaran bentuk aslinya, Anda bisa datang ke Palembang.

Rumah Limas di Museum Balaputra Dewa Palembang

Rumah Limas di Museum Balaputra Dewa Palembang

Liburan ke Palembang di Sumatera Selatan, Anda tak hanya berjumpa Jembatan Ampera sebagai ikonnya, melainkan juga Rumah Limas. Di Museum Balaputra Dewa, Palembang traveler bisa menjumpai rumah limas yang menjadi gambar di lembaran uang nominal Rp 10 Ribu.

Dalam uang Rp 10 ribu selain ada gambar pahlawan nasional Sultan Mahmud Badarudin II, di baliknya ada gambar rumah limas yang khas dari Sumatera Selatan. Ternyata rumah tersebut adalah rumah asli.

Bangunan Rumah Limas ini secara keseluruhan terbuat dari kayu. Untuk pondasinya digunakan kayu ulin yang jika semakin terendam air maka akan semakin kuat. Sementara untuk bagian rumah lainnya terbuat dari kayu meranti, trembesi, serta kayu mahoni.

Rumah Limas Rumah Limas Palembang

loading...

Sejarahnya, dahulu Rumah Limas ini difungsikan sebagai sebuah museum pada zaman penjajah Belanda. Sebagian koleksinya dibawa ke Anjungan Sumatera Selatan di Taman Mini, Jakarta. Rumah ini tercatat sudah berpindah lokasi hingga 8 kali. Hal itu memungkinkan, mengingat rumah ini dibangun dengan sistem knock down sehingga bisa dibongkar pasang dan berpindah tempat.

Rumah Limas 1 Rumah Limas 2 Rumah Limas 3 Rumah Limas 4

(sumber)

loading...
loading...

Add Comment