Ngga Cuma Kangguru Saja yang Punya Kantung Di Perutnya, Hewan-hewan ini Juga Lho!!

loading...

PulangKerja.com – Marsupialia adalah kelompok mamalia yang betinanya memiliki marsupium (kantong perut), karena itu dikenal pula sebagai hewan berkantung. Marsupialia adalah mamalia yang berkembang terpisah awal dari kelompok lainnya (Eutheria). Betina memiliki dua vagina yang keduanya terbuka secara eksternal melalui satu lubang tetapi mengarah ke ruang terpisah pada uterus. Jantan biasanya memiliki penis bercabang dua . Penis hanya mengeluarkan semen dan bukan urin. Urin dikeluarkan melalui kloaka, seperti reptilia dan unggas.

Marsupialia Kangguru

Wombat

Wombat adalah marsupial Australia yang berkaki pendek, berkaki empat dan memiliki panjang kira-kira 1 meter dengan ekor yang sangat pendek. Nama wombat berasal dari Eora, komunitas Aborigin yang merupakan penduduk asli daerah Sydney. Wombat menggali liang dengan gigi depan seperti hewan pengerat dan cakar yang kuat.

Wombat

Walaupun wombat berburu di siang hari dan malam hari, wombat juga akan pergi untuk makan di hari yang dingin. Wombat adalah hewan herbivora, makanan mereka kebanyakan rumput, tumbuh-tumbuhan dan akar. Warna kulitnya bervariasi dari warna seperti pasir sampai coklat, atau dari abu-abu sampai hitam. Wombat memiliki metabolisme yang lambat dan membutuhkan waktu 14 hari untuk mencerna makanan seluruhnya. Mereka biasanya bergerak dengan lamban, namun bila merasa terancam dapat lari dengan kecepatan 40 km/jam dan bertahan dalam kecepatan itu selama 90 detik.

 

Tasmanian Devil

Tasmanian Devil adalah seekor binatang marsupialia karnivora yang kini hanya terdapat di negara bagian pulau Tasmania di Australia.Tasmanian devil dalah satu-satunya anggota genus Sarcophilus yang masih hidup. Ukuran binatang ini sama dengan seekor anjing kecil, tetapi badannya kekar dan berotot.

Tasmanian Devil

Tasmania devil adalah marsupialia karnivora terbesar di dunia. Binatang ini dicirikan oleh warna bulunya yang hitam, baunya yang kuat bila sedang ketakutan, suaranya yang sangat keras dan mengganggu, dan sifatnya yang berbahaya bila sedang mengasuh anak-anaknya.Tasmania devil dikenal sebagai binatang pemburu dan memakan sisa-sisa binatang lain. Meskipun biasanya hidup soliter, kadang-kadang ia makan bersama dengan Tasmania devil lainnya.

 

Bilby

Bilbies adalah hewan omnivora dan marsupial  mereka adalah anggota dari ordo Peramelemorphia. Pada saat penjajahan Eropa ke Australia, ada dua spesies bilby.The Lesser Bilby punah pada 1950-an; sedangakan The Greater Bilby masih bertahan tapi tetap terancam punah.Bilbies memiliki karakteristik moncong panjang dan telinga yang sangat besar yang memancarkan panas. 

Bilby

loading...

Ukuran bilby sekitar 29-55 cm (11-22 in) dan mereka memiliki ekor panjang, telinga besar, dan bulu lembut dan halus. Ukuran telinga mereka memungkinkan mereka untuk memiliki pendengaran yang lebih baik.Mereka adalah omnivora nokturnal yang tidak perlu minum air, karena mereka mendapatkan air dari makanan, yang mencakup serangga dan larva , biji, laba-laba, buah , jamur, dan hewan yang sangat kecil. Sebagian besar makanan ditemukan saat menggali tanah.Bilbies memiliki jangka waktu kehamilan yang pendek yaitu sekitar 12-14 hari, salah satu yang terpendek di antara mamalia.

 

Quolls

Quolls adalah hewan marsupial karnivora asli Australia, New Guinea, dan Tasmania.Dari enam spesies Quoll, empat ditemukan di Australia dan dua di Papua New Guinea.Spesies Quoll bervariasi dalam berat dan ukuran tubuh , dari 300 g (11 oz) ke 7 kg (15 lb). Mereka memiliki bulu coklat atau hitam dan hidung merah muda.

Quolls

Mereka sebagian besar soliter, betinanya melahirkan hingga 18 anak dan hanya enam ekor yang dapat bertahan untuk menyusu pada puting susu induknya nya. Quoll  memakan mamalia kecil, burung kecil, kadal, dan serangga.umur alam mereka adalah antara dua dan lima tahun. Semua spesies secara drastis menurun sejak Australasia dijajah oleh orang Eropa dan satu spesies, Quoll timur, telah punah di daratan Australia dan sekarang hanya dapat ditemukan di Tasmania. ancaman utama bagi kelangsungan hidup mereka adalah predator, pembangunan perkotaan, dan racun umpan. upaya konservasi meliputi program pemulihan di penangkaran.

 

Quokka

Quokka adalah satu-satunya anggota dari genus Setonix dan adalah macropod kecil seukuran kucing domestik , Seperti marsupial lainnya dalam keluarga macropod (seperti kanguru dan walabi) quokka adalah herbivora dan hewan nokturnal. Quokka dapat ditemukan di beberapa pulau kecil di lepas pantai Australia Barat, khususnya di Rottnest Island lepas Perth dan Bald Pulau dekat Albany.Quokka adalah salah satu mamalia Australia pertama yang dilihat oleh orang Eropa.

 

Numbat

Numbat merupakan binatang simbol untuk wilayah Australia Barat, tetapi sayangnya saat ini populasi mereka berada dalam status “Terancam Punah”. Untuk melindungi satwa yang saat ini hanya ditemukan dalam beberapa koloni kecil ini, pemerintah Australia mengadakan sebuah program konservasi.
Numbat memiliki ukuran tubuh kecil dengan panjang hanya sekitar 35–45 cm, diukur hingga ujung ekornya, di mana panjang ekornya hampir sama dengan panjang tubuhnya. Berat badan Numbat berkisar antara 280 gram hingga 700 gram. Binatang ini memiliki berbagai macam variasi warna, terbentang dari abu-abu muda hingga cokelat kemerahan dengan garis-garis melingkari tubuh berwarna putih, garis hitam yang memanjang dari wajah hingga ujung ekornya, dan bulu bagian atas berwarna lebih kemerahan.

Numbat
Berbeda dengan binatang marsupial (berkantung) lainnya, Numbat merupakan binatang diurnal (aktif disiang hari). Di siang hari mereka akan berburu rayap sebagai makanan utama mereka dengan menggunakan cakar kuatnya dan lidah yang sangat panjang, ramping, serta lengket untuk menangkap rayap.
Daerah penyebaran Numbat terbentang dari Australia bagian Selatan, Australia Bagian Barat hingga bagian barat daya New South Wales. Namun sejak kedatangan bangsa Eropa ke Australia, daerah penyebaran mereka semakin menyusut. Dan saat ini mereka hanya dapat ditemukan di 2 tempat yaitu di Dryandra Woodland dan Perup Nature Reserve, yang keduanya merupakan daerah di Australia Bagian Barat. (sumber)

loading...
loading...

Add Comment