Reptil Unik Masa Dinosaurus Mirip Penguin dan Bisa Berenang!!

loading...

PulangKerja.com – Debat yang dilakukan untuk mengetahui cara reptil di zaman dinosaurus berenang akhirnya usai. Dengan menggunakan simulasi komputer, ilmuwan berhasil menemukan cara tak biasa plesiosaurus berenang.

plesiosaurus 1

Seperti diwartakan CS Monitor, hewan berkaki empat itu mengarungi lautan dengan mengepakkan dua sirip depannya seperti gerakan pesawat di bawah air, mirip dengan cara penguin berenang.

plesiosaurus 2

Hal yang mengejutkan adalah bahwa ilmuwan menemukan makhluk ini tidak terlalu menggunakan sirip belakang mereka untuk menambah kecepatan berenang. Kedua kaki itu rupanya digunakan untuk mengendalikan arah renang dan stabilitas.

plesiosaurus 3

loading...

Plesiosaurus  yang menyerupai mitos monster Loch Ness dari Skotlandia memiliki empat sirip yang besar dan leher panjang, tidak seperti hewan perenang modern. Untuk alasan ini, ada persaingan hipotesis tentang gaya renang mereka.

plesiosaurus 4

Mereka makan ikan dan cumi-cumi. Hewan purba ini punya berbagai bentuk dan ukuran. Beberapa memiliki leher pendek, sementara yang lain memiliki yang panjang, termasuk elasmosaurus, makhluk yang berukuran 46 kaki, sementara meyerasaurus yang ditemukan di Jerman berukuran 10 kaki.

plesiosaurus 5

Pertama kali ditemukan pada 1823, plesiosaurus diperkirakan telah hidup 20-66 juta tahun lalu. Dia menghilang dalam kepunahan massal yang sama seperti dinosaurus lain.  Namun, ilmuwan mengatakan bahwa simulasi komputer mereka dapat digunakan untuk lebih memahami mekanisme teknik berenang plesiosaurus dan mungkin hewan-hewan prasejarah lainnya. (sumber)

loading...
loading...

Add Comment