Tangan Keseleo? Beginilah Langkah yang Tepat Untuk Mengatasinya

loading...

PulangKerja.com – Nyeri pergelangan tangan atau keseleo mungkin sering kita keluhkan. Tapi, jangan semberangan mengatasi tangan keseleo, karena bisa memperparah. Lalu, bagaimana cara tepat mengatasi tangan keseleo?

atasi tangan keseleo

Ada kondisi tertentu yang bisa sebabkan nyeri yang parah atau berkepanjangan pada tangan. Tentunya kita tidak bisa mendiagnosa sendiri dan mengambil pengobatan seadanya.

dr Margareta Arianni SpOT(K) dari Hand Clinic RS Premier Bintaro mengatakan, ketika nyeri tangan dirasakan karena melakukan pekerjaan yang berulang, maka mengurangi atau menghentikan kegiatan sementara bisa meredakan rasa sakit. Namun, bila nyeri disebabkan cedera parah atau dikeluhkan dalam waktu lama, penderita harus periksa ke dokter.

loading...

tangan keseleo

“Keluhan nyeri bisa disebabkan berbagai penyebab. Misal, nyeri di pergelangan tangan tapi ada sakit di bahu juga, itu bisa berbeda pemeriksaan atau sumbernya bisa satu atau lebih. Jadi, setiap orang perlu pemeriksaan dan penanganan yang berbeda,” ujarnya dalam seminar media bersama RS Premier Bintaro, di Sudirman, Jakarta, baru-baru ini.

Bila pemeriksaan telah dilakukan, penajaman diagnosis untuk kasus tertentu dapat dilakukan dokter dengan alat bantu, lanjut ahli bedah makro dan tangan tersebut. Penajaman diagnosis yang dimaksud dapat dilakukan dengan alat pemindai seperti X Ray, CT Scan, MRI, dan lain sebagainya.

“Bila sudah diketahui penyebabnya, dokter akan melanjutkan penanganan berikutnya. Banyak kasus nyeri tangan yang dapat ditangani secara konservatif seperti dengan obat penghilang rasa nyeri, fisioterapi, splint, atau suntikan. Beberapa kondisi juga bisa membutuhkan operasi atau bedah. Salah satu yang memungkinkan adalah pembedahan invasif minimal wrist arthoscopy,” pungkasnya. (sumber)

loading...
loading...

Add Comment