Thailand Lebih Dulu Rayakan Waisak Daripada Indonesia

loading...

PulangKerja.com – Umat Buddha yang tinggal di wilayah Phuket, Thailand merayakan Trisuci Waisak yang dirayakan berbeda dengan di Indonesia.

Di Thailand, Hari Waisak disebut juga Wan Phra Yai atau berarti “Hari Suci Utama”. Waisak dirayakan untuk memperingati kelahiran, pencerahan dan wafatnya Sang Buddha, Siddharta Gautama. Ajaran yang dibawa Sang Buddha dalam hidupnya menjadi dasar agama Buddha yang ada saat ini.

waisak 2

Tiga peristiwa di atas disebut juga dengan “Trisuci Waisak”, di mana ketiganya diyakini telah terjadi pada tanggal yang sama dalam kalender lunar, meskipun dalam tahun yang berbeda. Menurut kalender lunar Thailand, Hari Waisak jatuh pada bulan purnama dari bulan keenam yang biasanya jatuh pada bulan Mei atau Juni seperti tahun ini.

loading...

Di Thailand, perayaan Waisak jatuh pada Senin, 1 Juni 2015. Di Phuket, upacara perayaan Waisak digelar di setiap kuil yang ada di pulau itu. Sementara pelayanan utamanya diadakan di Wat Mongkol Nimit (Wat Klang) di kota Phuket. Wat Klang ditetapkan sebagai kuil kerajaan provinsi, sehingga banyak pejabat yang sering menghadiri layanan di sana.

waisak

Dikutip Phuketnews, upacara dimulai dari pukul 17.00 waktu setempat di mana para umat berkumpul di ruang tengah untuk berdoa dan mendengarkan khotbah.

Hari Waisak adalah hari suci, sehingga toko, bar dan restoran di Phuket dilarang menjual alkohol selama 24 jam mulai tengah malam hari Minggu. (sumber: okezone.com)

loading...
loading...

Add Comment