Rahasia Tikus Tidak Kesetrum Saat Menggigit Kabel Listrik Aktif

loading...

PulangKerja.com – Tikus, binatang pengerat satu ini ada dimana-mana. Anda mungkin termasuk salah satu orang yang dibuat kesal oleh tikus, pasalnya binatang satu itu suka berbuat onar di dapur. Tidak hanya itu, kabel-kabel di rumah maupun kantor selalu dibuatnya putus.

Tikus

Bahkan lemari kayu pun dibuat berlubang olehnya. Duh, jika di rumah Anda terdapat tikus nakal seperti itu pasti sangat menjengkelkan. Sebagaimana julukannya, binatang pengerat ini memang suka mengerat apapun yang ditemukannya. Bukan karena ia memakan itu semua, melainkan hanya menggigit-gigit saja. Hal itu bertujuan untuk mengasah giginya agar tidak tumbuh panjang.

Tikus binatang pengerat

Tikus suka menggigit benda apapun yang ditemukannya termasuk kabel. Mengenai kabel, pernahkah Anda berpikir kenapa tikus tidak kesetrum saat gigit kabel? Padahal kabel itu masih aktif, artinya berarus listrik. Sementara jika manusia terkena kabel, ia akan kesetrum.

Tiga Sebab Tikus Tidak Kesetrum

Mamalia dengan nama ilmiah muridae ini ternyata punya rahasia kenapa tidak kesetrum saat menggigit kabel listrik aktif. Inilah tiga kemungkinan tikus tidak kesetrum saat gigit kabel:

1. Tikus menggigit bagian kabel tak berarus listrik

1. Tikus menggigit bagian kabel tak berarus listrik

Perlu diketahui bahwa kabel listrik rumah berarus bolak-balik, artinya ia mempunyai dua kutub yang berarus listrik dan yang tidak. Jika kita tes menggunakan taspen, pada colokan (stop kontak) maka akan ketahuan bahwa bagian berarus listrik ditunjukkan dengan nyala pada taspen.

loading...

Tikus tidak kesetrum kemungkinan ia hanya menggigit bagian kabel yang tidak ada arus listriknya sehingga tidak kesetrum. Atau mungkin kabel yang digigitnya memang sedang dipadamkan sehingga tidak ada arus listriknya.

 

2. Kabur secara spontan

2. Kabur secara spontan

Kemungkinan kedua bisa jadi tikus tersebut kesetrum karena menggigit kabel berarus listrik. Hanya saja, hewan pengerat itu buru-buru melepaskannya karena kaget sehingga akhirnya bisa kabur. Oleh karena itu sangat jarang, bahkan tidak pernah kita temukan seekor tikus terpanggang karena kesetrum listrik saat menggigit kabel.

 

3. Tidak sengaja tikus menginjak isolator

3. Tidak sengaja tikus menginjak isolator

Terakhir kenapa tikus tidak kesetrum saat gigit kabel kemungkinan tikus itu menginjak isolator seperti plastik sehingga tikus tidak kesetrum. Sama halnya seperti manusia, saat mengenakan isolator atau bahan yang tidak bisa menghantarkan arus listrik maka ia tidak akan kena setrum.

 

 

Demikian beberapa kemungkinan kenapa tikus tidak kesetrum saat gigit kabel. Jadi, tak perlu menjebak tikus dengan kabel beraliran listrik agar si tikus menggigitnya. Bagi Anda yang ingin membasmi tikus, sebaiknya pakai cara lain seperti menggunakan alat pengusir tikus maupun lem tikus.

Tikus juga sama seperti manusia, bisa kesetrum jika terkena aliran listrik. Para petani di Cirebon bahkan pernah menggunakan aliran listrik dari genset untuk membasmi hama tikus di sawahnya. Jebakan tersebut ternyata berhasil memusnahkan ratusan tikus.

Sebagaimana dikutip dari Radar Cirebon, pembasmian hama tikus dengan memasang kawat dialiri listrik lebih efektif daripada cara membasmi tikus dilakukan masih secara konvensional seperti menggunakan racun tikus maupun petasan. Hal itu jelas-jelas membuktikan bahwa tikus bisa kesetrum, akan tetapi jika Anda tidak pernah melihat tikus mati kesetrum saat menggigiti kabel di rumah, kemungkinannya tiga hal yang telah disebutkan. (sumber)

 

loading...
loading...

Add Comment