Tradisi-tradisi Unik Saat Perayaan Tahun Baru Imlek

loading...

PulangKerja.com – Perayaan Imlek adalah perayaan yang biasa dirayakan setahun sekali, dan perayaan ini identik dengan warna merah dipadu warna emas, dan perlu kita tahun perayaan ini sebenarnya sudah berlangsung selama 4000 tahun lalu di wilayah China, maka dari itu perayaan ini bisa dibilang tradisi wajib yang harus dilaksanakan. Berikut tradisi-tradisi unik saat perayaan tahun baru Imlek..

Dar…. Der… Dor…. Tradisi membakar petasan!

lampion merah dan petasan

Kegiatan membakar petesan ini telah dilakukan sejak pemerintahan Dinasti Han, konon tradisi ini merupakan legenda di negara Cina yang telah sangat dipercaya dapat membatu mereka mengusir nasib sial dalam kehidupan. Suara yang dikeluarkanpun seperti ledakan senjata yang saling berkejaran. Petasan ini pertama kali dikenalakan oleh Li Tian seorang pendeta di Cina.

 

Merah dimana-mana, tradisi mendekor rumah

Merah dimana-mana, tradisi mendekor rumah

Dalam dekorasi rumah pada saat perayaan Imlek, masyarakat Tionghoa menghias rumah dengan warna merah yang mendominasi ditambah berbagai pernak pernik seperti gambar naga, lampion lukisan-lukisan, dan paling utama lilin merah pada setiap bagian-bagian rumah. Semua dekorasi yang terpasang tersebut memiliki arti dan makna masing-masing.

 

Kira-kira isinya berapa ya? Tradisi angpao

loading...

Angpao merupakan amplop merah segiempat yang berisikan sejumlah uang yang dimiliki oleh keluarga Tionghoa yang telah berkeluarga dengan tujuan akhir memberikannya kepada anak-anak dan keluarga mereka yang masih remaja sebagai hadiah.
Tradisi angpao

Tradisi ini dilakukan sebagai simbol semangat dan dan kesenangan akan perayaan hari tersebut. Keunikannya terletak pada jumlah uang pada setiap isi angpao yang melarang mengisi dengan jumlah mengandung angka empat, dipercaya angka empat sangat berhubungan dengan kematian.

 

Ciat!… Ciat!… Tradisi kesenian barongsai

kesenian barongsai

Pertujukan Barangsoi merupakan salah satu yang penting pada perayaan Imlek. Barongsai merupakan tarian tradisonal negara Cina yang dilakukan dua orang atau lebih menggunakan sarung yang berwarna dan model mirip singa. Konon dahulu kala pertunjukan Barongsai dilakukan untuk mengusir para pasukan lawan raja-raja yang berkuasa.

 

Nyam… nyam… nyam… tradisi makan bersama

tradisi makan bersama

Dalam kepercayaan Tionghoa pada perayaan Imlek menu makanan akan disajikan dalam 12 macam makanan dan 12 jenis kue. Sungguh banyak bukan. Semua makanan tersebut memiliki arti dan makna keberuntungan masing-masing. Jadi tak sabar untuk mengunjungi rumah teman yang merayakan tahun baru Imlek. (sumber)

 

loading...
loading...

Add Comment